Sri Mulyani Mengundurkan Diri


Menteri Keuangan Sri Mulyani mengundurkan diri dari jabatannya per 1 Juni mendatang. Menkeu dikabarkan menerima tawaran untuk menjabat direktur pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani akan menjadi salah satu dari tiga Managing Director. Jabatan Managing Director merupakan jabatan tertinggi kedua setelah Presiden di Bank Dunia.

Bank Dunia memang meminta empat menkeu dari empat negara untuk bekerja membantu lembaga tersebut. Karena jabatan itu memang tidak bisa dirangkap, Sri Mulyani harus memilih dan tampaknya dia memilih menerima jabatan tersebut.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyetujui penunjukan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai Direktur Operasional Bank Dunia.

"Saya menyetujui setelah mendengar juga permohonan Ibu Sri Mulyani Indrawati untuk menjabat sebagai Managing Director di Bank Dunia," kata Presiden saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (5/5).

Persetujuan Presiden diikuti satu syarat,beliau minta Sri Mulyani menyelesaikan dulu tugas dan urusannya sebagai Menteri Keuangan. "Masih ada waktu beberapa minggu lagi sebelum Ibu Sri Mulyani menempati posisi barunya di Bank Dunia di Washington DC," demikian SBY menambahkan.

Kepala Riset PT Bhakti Securities Edwin Sebayang mengatakan kabar ini kemungkinan besar berdampak atas bursa saham walau mungkin hanya sesaat. Salah satu alasannya karena Sri Mulyani cukup dihormati di kalangan investor domestik maupun asing. Namun Edwin menambahkan pengunduran diri Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan bisa dibilang hanya masalah politis dan bukan fundamental. "Jadi reaksi pasar mungkin hanya sesaat dan yang menentukan arah pasar adalah fundamental dari emiten itu sendiri,” imbuhnya.
0 Responses

Posting Komentar

abcs